Cara Mendeteksi Penyakit Dari Kondisi Kuku

loading...
loading...
Tahukah Anda kalau kuku bisa dijadikan petuntujuk untuk mendeteksi penyakit dalam tubuh? Yap, coba perhatikan kuku Anda sekarang, apakah ada goresan putih, benjolan, atau semburat kemerahan? Tanda-tanda seperti itu bisa menjadi indikasi penyakit dalam tubuh Anda.


Berikut ini beberapa penyakit yang bisa terdeteksi dari kondisi kuku Anda:


1. Kuku Pucat

Kuku yang sehat seharusnya berwarna merah muda. Jika kuku Anda nampak berwarna pucat bisa jadi Anda beresiko mengidap beberapa gangguan kesehatan seperti anemia, penyakit liver, kurang gizi, atau bahkan penyakit jantung.

2. Kuku Berwarna Kekuningan

Kuku yang berwarna kekuningan dapat menandakan seseorang mengidap penyakit kuning atau penyakit liver dan hepatitis. Ada tiga macam hepatitis yang paling sering menyerang, yaitu hepatitis A, B, dan C. Selain hepatitis, kuku yang berwarna kuning bisa juga mengindikasikan adanya jamur pada kuku, terutama jika kuku tampak menebal dan rapuh.

3. Kuku Berwarna Kebiruan

Kuku Anda berwarna kebiruan? Jika ya, sepertinya Anda harus waspada, karena kuku dengan warna kebiruan bisa mengindikasikan Anda mengalami kekurangan oksigen, dan biasanya terjadi karena penyakit jantung atau paru-paru.

4. Terdapat Lubang Kecil Pada Kuku

Jika kuku Anda terdapat lubang-lubang kecil, seprti bekas tusukan jarum pentul, bisa jadi tubuh Anda mengalami psoriasis. Psoriasis merupakan kelainan kulit yang ditandai dengan bintik merah yang ditutupi oleh penebalan kulit yang berlapis-lapis.

5. Garis Hitam Pada Kuku

Garis hitam atau dalam istilah medis disebut dengan melanonika, adalah hal normal terutama untuk seseorang yang memiliki kulit hitam. Meski demikian, bisa saja garis atau titik hitam pada kuku tersebut adalah indikasi munculnya penyakit kanker kulit, atau dalam istilah medis disebut melanoma malignum. Jika kuku Anda terdapat garis hitam dalam jumlah yang cukup banyak, sebaiknya segera konsultasi kedoktor untuk mendapat penangan yang tepat.

6. Kuku Retak

Kuku yang mengalami keretakan bisa menjadi indikasi penyakit tiroid atau infeksi jamur pada kuku. Khusus jika kuku tersebuk tampak berwarna kekuningan dan menebal.

7. Bintik Putih Pada Kuku

Walaupun bukan hal yang pasti dan sering kurang spesifik, bintik putih pada kuku dapat mengindikasikan seseorang kurangnya asupan kalsium.

8. Kuku Sendok

Kekurangan berat dapat mengakibatkan kuku menjadi cekung atau melengkung seperti sendok, sehingga sering juga disebut kuku sendok atau spoon nails.

Meski kuku berukuran kecil, namun keberadaanya tidak bisa dianggap sebelah mata. Karena dari kuku, Anda bisa mendeteksi kesehatan tubuh. Meski tidak spesifik, mendeteksi penyakit dari kondisi kuku dapat jadikan tolak ukur dalam menjaga kesehatan Anda. Jadi seperti apa kondisi kuku Anda saat ini?

Dapatkan Tips dan Informasi Kesehatan Terbaru: