Waspada! Inilah 5 Gejala Diabetes yang Sering Diabaikan

loading...
loading...
Herballify - Gejala diabetes tipe 2 tidak selalu ditunjukan dengan tanda-tanda seperti sering buang air kecil.  Terkadang ada beberapa gejala yang timbul dari hal-hal kecil yang tidak terduga. Bahkan, kebanyakan orang sering mengabaikan tanda-tanda diabetes ini.


Gejala-gejala kecil tersebut, mungkin saja sudah terasa. Namun, karena kurangnya pengetahuan sehingga tidak disadari sebagai awal penyakit diabetes. Berikut 5 gejala diabetes yang sering diabaikan:

Gejala Diabetes yang Tidak Terduga


1. Perubahan Pada Kulit

Jangan pernah menganggap remeh perubahan yang terjadi pada kulit. Perubahan ini bisa ditandai dengan warna kulit yang menjadi lebih gelap, atau bersisik. Kondisi seperti itu bisa saja menjadi tanda awal Anda terkena diabetes. Meskipun ada gangguan kulit yang biasa disebut acanthosis nigricans yang dipengaruhi oleh faktor genetika atau kondisi hormonal.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh seseorang dengan gejala ini adalah melakukan tes gula darah. Menurut Sanjiv Saini, MD, dermatolog di Edgewater, Maryland seperti dilansir dari laman prevention. Timbulnya bercak hitam pada kulit biasanya terjadi karena dorongan pigmen yang disebabkan oleh kadar insulin yang tinggi. Sajiv menyarankan, seseorang yang mengalami gejala ini untuk melakukan diet dan penurunan berat badan untuk mengurangi tingginya kadar gula darah serta dapat membantu proses pembersihan kulit.

2. Penglihatan Menjadi Lebih Tajam

Jika Anda seseorang yang sudah memakai kacamata dan merasa penglihatan tiba-tiba lebih tajam, tanpa memakai alat bantu bisa saja hal tersebut tanda awal diabetes. Pada penderita diabetes, penglihatan bisa tiba-tiba berubah jadi lebih baik atau lebih buruk, menurut Howard Baum, MD, asisten profesor kedokteran dari divisi diabetes di Vanderbilt University. 

"Saat seseorang mengalami kondisi penglihatan berangsur membaik, berarti kadar gula darah mereka naik, namun setelah dilakukan pengobatan diabetes, biasanya mereka akan membutuhkan kacamata lagi".

3. Rasa Gatal yang Tak Kunjung Sembuh

Jika Anda merasa gatal disekujur tubuh tak kunjung hilang, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Karena, bisa saja hal tersebut merupakan gejala diabetes yang tidak terduga. Dalam beberapa kasus, penderita diabetes sering mengeluhkan rasa gatal diseluruh bagian taubuh, terutama tangan dan kaki.

4. Pendengaran Menjadi Kurang Jelas

Jika pendengaran Anda sedikit terganggu, seperti saat menonton televisi dengan volume cukup kencang namun masih tidak terdengar dengan jelas, sebaiknya segera periksa dan berkonsultasi dengan dokter. Karena penurunan pendengaran tersebut bisa saja gejala diabetes.

5. Mendengkur

Menurut Osama Hamdy, MD, seorang direktur manajemen diabetes dari Joslin Diabetes Center, di Boston, pengidap diabetes tipe 2 biasanya memiliki gangguan bernafas saat tertidur. Jadi, jika Anda kerap mendengkur keras saat tidur, sering merasa ngantuk di siang hari, sebaiknya segera kontrol gula darah Anda dan berkonsultasi dengan dokter. Karena bisa saja hal tersebut gejala awal diabetes.

Itulah beberapa gejala diabetes yang sering diabaikan, dengan mengenali gejala ringan tersebut, Anda bisa lebih waspada dan mengenali lebih dini penyakit diabetes. Jika salah satu gejala tersebut menyerang Anda, segera konsultasi dengan dokter.

Dapatkan Tips dan Informasi Kesehatan Terbaru: